Allah Sendiri Bersumpah Dengan Tuhan Yang Lain

Pertanyaan
Dalam Qs 70 : 40 berbunyi ;
“ Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa, “
Bukankah hal tersebut mengisyaratkan bahwa Tuhan itu lebih dari satu atau menunjukkan ke-jamakan-Nya? Karwena Dia sendiri yang bersumpah dengan Tuhan Yang Lain!
Jawaban
“ Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situ wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas ( Rahmat-Nya ) lagi Maha Mengetahui. “ ( Qs 2 : 115 )
Wa lillahil masyriqu wal maghrib, fa aynama tuwallu fatsamma wajhullah, innallaha wa si’un alim
“ Tuhan Yang Memelihara kedua tempat terbit matahari dan juga tempat terbenamnya. “ ( Qs 55 : 17 )
Robbul masyriqoyni wa robbul maghribayni
Masyriq wa maghrib biasa diterjemahkan dengan timur dan barat. Dan kita ketahui timur adalah arah dimana terbitnya matahari dan barat adalah arah terbenamnya matahari. Jadi dalam terjemahan-terjemahan Al Qur’an ada yang menerjemahkan masyriq itu timur dan maghrib itu barat. Tetapi dalam terjemahan yang lebih baik pasti akan didapati bahwa masyriq wa maghrib itu diterjemahkan dengan tempat terbit dan terbenamnya matahari.
“ … Ibrahim berkata : Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat, … “ ( Qs 2 : 258 )
Qola Ibrohimu fa innallaha ya’ ti bisyamsi minal masyriqi, fa’ti biha minal maghribi
Rabb itu sendiri artinya, Maha Mencipta, Maha Memiliki, Maha Mengatur semua urusan dan Maha Murabbi (mentarbiyah, membina, memelihara) segenap makhluk-Nya . Sifat yang dimiliki dari nama Rabb adalah sifat Rububiyah. Artinya Allah bersifat mencipta, memiliki, mengatur serta mentarbiyah dan memelihara segenap makhlukNya.

Ar-Rabbu berarti Murabbi (pembina, pemelihara dan pendidik) seluruh alam semesta, dengan cara menciptakan mereka, menyediakan berbagai peralatan bagi mereka dan memberikan berbagai kenikmatan besar buat mereka yang bilamana nikmat ini hilang, maka tidak mungkin mereka dapat bertahan hidup. Karenanya, nikmat apa saja yang mereka peroleh, tidak lain hanyalah berasal dari Allah.
Maka dengan demikian kata sifat dalam bahasa Indonesia yang berarti Pemelihara, dst dapat kita artikan menjadi pemeliharaan, perlindungan, penjagaan, pengaturan… hal tersebut didasarkan suatu hal yang dilakukan pada sifat yang terkena pada-Nya. Juga menunjukkan kebesaran dan keagungan sifat Allah yang mengatur, memelihara segala ciptaan yang diciptakan-Nya. Maka adalah hal yang wajar jika Allah bersumpah dengan salah satu sifat keagungan-Nya.
Dengan demikian terjemahan Qs 70 : 40 adalah;
“ Maka, Aku bersumpah dengan pemeliharaan tempat terbit dan terbenamnya matahari; Sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa. “ ( Qs 70 : 40 )
Fala uqsimu birobbil masyariqi wal maghoribi inna laqodirun

“ Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui. “ ( Qs 56 : 75-76 )
Wallahu’alam

2 Responses so far.

  1. Aku bersumpah dengan diriku (sebutan) yang mempunyai komentar ini bahwa postingan anda tidak didasari ilmu

    Siapa "AKU"? Aku adalah "DIRIKU (sebutan)"

    AKU punya sebutan lain (pemilik postingan/nickname/Adelynn)

  2. Anda salah jika beranggapan demikian. Allah tetap satu. Yg dimaksud Tuhan barat dan timur itu cuma kata ujian pada hamba2nya. Dia ingin menguji sampai di mana rasa tauhid hamba2 nya setelah beriman. Tuhan barat dan timur adalah tetap Dia sendiri. Tdk ada yg lain. Jadi bertaubatlah karena anda sdh mengerluarkan ucapan yg mengundang ke murkaanNya.

Leave a Reply